Jumat, 14 Juni 2019

Tanpa Ilmu dan Adab adalah sebuah Kebathilan

Bismillahirrahmanirrahim.

Kadang... Sudah lama kita tau (hal ini dan itu) tapi kita tidak mengambilnya (mengamalkan dan menyebarkannya) dan kita sama-sekali belum meneladani mereka (para salafus shalih) dalam berkata dan berbuat sesuatu dengan lisan/pembicaraan atau tulisan. Jauh dari mengerti atau malu dianggap orang 'alim? (baca: takut riya adalah riya' kata imam fudhoil bin iyadh rahimahullah)

Dalam perkara apa saja yang tidak disertai dengan ilmu dan adab maka bisa jadi di sebut perkara yang bathil atau menyimpang dari yang benar.

Katakanlah dalam perkara bercanda, mustahil para salaf kita tidak mencontohkannya, maka becanda-becanda yang modelnya menyimpang dari model becandanya para sahabat pasti menimbulkan masalah kecil lalu membesar, inilah fitnah orang yang menisbahkan diri ke manhaj salaf, manhaj ini bukan mainan orang-orang yang sudah mengaku bermanhaj salaf, menyimpang sedikit nasehat dan tahdzir pun datang. Yang benci nasehat dan tahdzir akan mengeraslah hatinya.

Inilah mengapa para salaf lebih mulia di banding manusia-manusia di zaman kita sekarang, mereka selalu mencari kebenaran dan berani meninggalkan ego mereka, sedangkan kita mencari pembenaran untuk ego kita dan bukan mencari kebenaran.

Allahul musta'an


Tidak ada komentar:

Posting Komentar