Sabtu, 30 November 2019

Faedah Tanya Jawab Dengan Ustadz tentang faedah hadits berpegang teguhlah kepada Sunnahku dan Sahabatku

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Ahsanallahu' ilaika ya ustadz

Mau nanya ustadz.

Apa salah satu faedah hadits rasulullah yg berbunyi "Berpegang teguhlah kepada Sunnahku, dan sunnah sahabatku?"

Apakah benar ini termasuk faedahnya:
1. ketika ada orang berbicara bertentangan dengan hadits² Nabi dan atsar² para sahabat yg sah, maka tinggalkan pendapat² tersebut.

2. Agar kita selamat dari kesesatan.

Baarakallahu fiik ustadz

Jawaban ustadz:

Wa'alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh

Ringkasnya makna berpegang teguh dengan sunnahku dan sahabatku:

1. Jika sahabat telah bersepakat dalam sebuah perkara dalam agama (tidak ada perbedaan antara mereka) maka itu kita jadikan pegangan, pijakan dalam beragama juga walaupun orang-orang setelah mereka berselisih. Contohnya masalah : Bahwa Allah Maha Tinggi diatas segala makhluk (Istiwa') diatas Arsy-Nya maka kita wajib berpegang dengan keyakinan ini karena mereka (Shahabat) telah sepakat dalam keyakinan ini, walaupun sebagian orang berselisih bahkan mengingkarinya.

2. Jika diantara sahabat ada yg  berbeda pendapat dalam sebuah sunnah Nabi maka kita teliti barangkali diantara sahabat yg berbeda pendapat ada yg belum mengetahui tentang sunnah Nabi itu sehingga ia mengingkarinya. Maka dalam hal ini kita memilih pendapat yg lebih mendekati sunnah Nabi tersebut.

3. Para sahabat berbeda pendapat dalam satu perkara namun masing-masing sedang berusaha menjalankan satu sunnah yg sama maka dalam hal ini ada kelonggaran bagi kita dalam memilihnya.

Ini ringkasannya saja

Wallahu A'lam

_____________
Dijawab oleh ustadz Abu Ahmad Rafi'i hafizhahullah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar