Jumat, 22 November 2019

Beradablah dengan semua adab kepada gurumu

بسم الله الرحمن الرحيم

Faedah kajian kitab Hilyah Tholibil ilmi, Syaikh Bakr Abu Zaid, persyarah Syaikh Ibnu Utsaimin rahimahumullah, bersama al-ustadz Arwi Fauzi Asri -hafizhahullah-

• Syaikh Bakr Abu Zaid mengatakan,

✓ "Beradablah dengan semua adab bersama gurumu didalam dudukmu atau ketika engkau duduk bersamanya."

• Kata Syaikh ibnu Utsaimin,

✓  "hadza shahih." (Ini benar) duduklah sebagaimana duduknya orang yang beradab, yaitu (contohnya kata beliau) jangan engkau #berselonjor¹ di depan gurumu. Karena ini termasuk adab yang buruk, jangan engkau duduk #bersender², ini juga termasuk adab yang tidak baik, terlebih di tempat menuntut ilmu. Ada pun kalau engkau di majelis biasa (bukan di tempat menuntut ilmu) maka ini lebih #ringan³, begitu juga ketika berbicara dengan guru, janganlah engkau berbicara dengan buruk seolah-olah engkau berbicara dengan teman sebayamu. Ini tidak dibenarkan kata beliau (Syaikh ibnu Utsaimin) ini bukan adab yang lurus, berbicaralah engkau dengan gurumu seperti berbicaranya seorang anak terhadap ayahnya, yang penuh penghormatan yang penuh tawadhu', tetapi (perhatikan kata Syaikh ibnu Utsaimin) "wahai para jama'ah sekalian, untuk saya (kata beliau, tawadhu'nya beliau rahimahullah) bagi saya ini tidak penting, tidak apa-apa kalian kalau berbicara dengan saya seperti berbicara dengan kerabat atau seperti berbicara dengan teman #sebaya.⁴ akan tetapi tentunya (menghormati guru itu) sesuatu yang mesti dilakukan."

√ "Sebisa mungkin kepada guru kita berbicara dengan penuh penghormatan." (Ustadz Arwi hafizhahullah)

Sedikit tambahan penjelasan dari ustadz (di sela-sela yang saye barek nomor kecil) di atas:

1. Kalau bahase kitenye ngajongkan kaki, bekajong di hadapan syaikh atau di hadapan guru.

2. Biasenye kalau dah besender ngantok, tidok, bersender dibelangang (kedinding) kepalaknye bersender juga.

3. Tidak ape-ape bersender dimajelis-majelis yang biase, tapi kalau di majelis ilmu, hendaknye dihormati.

4. Beliau rahimahullah tidak mau di hormati, masya Allah.

📌 Silahkan dibagikan, saya harap kepada Allah semoga secuil faedah ini bermanfaat bagi yang menuntut ilmu. Aamiin

Secuil faedah tulisan ini telah di murojaah oleh ustadzuna. Bagi yg ingin menyebarkan faedah tulisan ini tidak perlu meminta izin kepada saya, tetapi nasehat saya cukup jaga saja amanah ilmiyyahnya dimana pun kita menukil sebuah pernyataan, perkataan atau tulisan seseorang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar