Senin, 29 April 2019

SECUIL FAEDAH SYARAH KITAB TAUHID BAB 28 POIN KE 2

بسم الله الرحمن الرحيم

SECUIL FAEDAH SYARAH KITAB TAUHID BAB 28 POIN KE 2

Allah ﷻ berfirman:
قَالُوا طٰٓئِرُكُمْ مَّعَكُمْ  ۚ  أَئِنْ ذُكِّرْتُمْ  ۚ  بَلْ أَنْتُمْ قَوْمٌ مُّسْرِفُونَ

"Mereka (utusan-utusan) itu berkata, "Kemalangan kamu itu adalah karena kamu sendiri. Apakah karena kamu diberi peringatan? Sebenarnya kamu adalah kaum yang melampaui batas."
(QS. Ya Sin: Ayat 19)

SYARAH.
ALLAH ﷻ menjelaskan bahwa tatkala para Rasul menasehati dan memberi peringatan kepada kaum mereka, kaum itu justru ber-TATHAYYUR (beranggapan sial) dengan para Rasul tersebut. Maka para Rasul membantah anggapan itu dan menjelaskan bahwa keburukan yang menimpa mereka disebabkan karena kekufuran dan juga pendustaan mereka terhadapa ayat-ayat Allah. Karena, mereka itu adalah kaum yang melampai batas dan mereka amat jauh dari kebenaran. Mereka itu lebih memilih kekufuran dari pada keimanan. Itulah akibat buruk yang menimpa orang-orang kafir. (Al-Jadîd. hlm. 252)

FAEDAH.
1. Tathayyur ialah amalan kaum jahiliyah dan musyrikin.
2. Haramnya tathayyur.
3. Agama yang dibawa oleh para Rasul 'alayhimussalaam merupakan kebaikan dan keberkahan bagi orang-orang yang mau mengikuti mereka.
4. Musibah datang dengan sebab dosa dan maksiat.
5. Wajib menerima nasehat (yang baik), sebab, tidak menerima nasehat merupakan sifat orang kafir. (Al-Mulakhkhash. hlm. 226-227)


[Dinukil oleh Hendra ibni Bahrayni bin Jafani As-Salafiy dalam kitab yang berjudul "Syarah Kitab Tauhid. Bab 28 hlm. 315-316. Penerbit Pustaka Imam Syafi'i, cetakankan ke 2 - Karya Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas Hafidzhahullahu ta'ala]

Tempat dan Waktu:
Kota Tebas (Kalimantan Barat), Senin Petang 03:56 (PM)
Tgl, 24 Sya'ban 1440 H - 29 April 2019

Silahkan di sebarluaskan semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar